cara bikin e-passport

Bismillah

2015 kelak, paspor biometri atau paspor model lama yang jamak dimiliki orang sudah tidak berlaku lagi. Apa pasal? di tahun itu semua negara harus menggunakan elektronik paspor (e-paspor) sebagai identitas yang katanya anti pemalsuan. Di dalam e-paspor terdapat chip berteknologi tinggi yang -katanya- memuat data diri si pemilik. Nah, karena chip ini pula biaya pembuatan e-paspor jadi 3 kali lipat lebih mahal. Indonesia bisa dibilang tertinggal oleh beberapa negara ASEAN yang sudah menggunakan e-paspor. seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Kali kedua agenda travelling abroad saya bulan April-Mei ini rada beda sama persiapan taun lalu. Kini KAUST sudah menerapkan e-paspor pula untuk pembuatan calling visa. apa calling visa itu? calling visa didapat oleh seseorang yang hendak ke luar negeri dengan panggilan saudara atau universitas/instansi dari negara tersebut. Calling visa yang saya dapat dipakai untuk memproses pembuatan visa ziarah. Di visa itu tertulis jelas : not permitted to work. Jadi saya pergi resmi dalam rangka jalan-jalan 🙂

memangnya kudu pake e-passport kalo mau ke Arab? no no no, cuma KAUST saja yang aturannya seperti itu. Sebenernya Indonesia baru menerapkan e-passport 3 taun lagi. Lagian paspor saya juga masih berlaku sampe 2014. Tapi apa mau dikata…

Perlu diketahui bahwa e-paspor tahun ini baru bisa dibikin lewat Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Jakarta Barat, & Kantor Imigrasi Kelas I di Bandara Soekarno Hatta. Bagaimana tahap pembuatannya?

1. siapkan dokumen2 seperti :

  • KTP
  • Kartu Keluarga (C1)
  • Akta lahir
  • Paspor lama
  • Surat rekomendasi dari bos/atasan
  • Paspor ortu (bisa bapak atau ibu, salah satu saja)
  • Surat nikah (kalo sudah nikah)
  • Surat ganti nama (kalo ada)

semua dokumen itu di scan, trus disimpen dalam format JPG yang ga lebih dari 25 MB. Dokumen-dokumen ini juga dicetak lalu dibawa waktu ke Kantor Imigrasi. Catetan PENTING untuk surat rekomendasi dari atasan, jangan sampai salah nulis alamat suratnya. Catat baik-baik. Begini alamat surat yang benar :

Kepada Yth.

Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat

di tempat

Disesuaikan saja, sampean mau bikin e-paspornya di Kantor Imigrasi mana. Kemarin saya ngos-ngosan nyari rental karena surat rekomendasi dari bos salah tulis. Kepadanya ditulis “Direktur Jenderal Keimigrasian Jakarta Selatan”. ehehe, jauh yaa. Dikiranya di Jaksel bisa bikin e-paspor sih. Lagian waktu pra permohonan online, surat rekomendasi yang dilampirkan tidak tertolak.

Si ibu petugas di Kantor Imigrasi bilang, “mbak, ini diperbaiki dulu, besok pagi ke sini bawa surat yang bener”. Jeglerrrrr, bak disamber gledek. Dengan muka memelas & mata berkaca2 saya memohon, “ibu, saya dari jogja… nanti sore saya sudah pulang. sudah beli tiket. apa tidak bisa dimaklumi? Saya bisa minta teman kantor untuk kirimkan surat yang bener via email”. Syukur alhamdulillah rayuan maut berhasil.

2. Biar efektif dan efisien, buat dulu pra permohonan lewat http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp. Ikuti langkah-langkahnya. Lampirkan dokumen2 yang tersebut diatas. Cetak tanda bukti pra permohonan, lalu bawa tanda bukti itu bersama dokumen2 asli yang disebut diatas. Awass, jangan sampe kececer.

3. Siapkan Rp 655.000 untuk biaya pembuatan e-passport & ongkos akomodasi pulang pergi.

4. Pastikan sampai di Kantor Imigrasi sebelum jam 9. Kalo telat, biasanya antri panjang.

5. Sampai di Kantor Imigrasi, beli map dulu di koperasi kantor itu. Lalu rapikan dokumen, masukkan ke dalam Map. Masuk lobi, dan ambil nomor antrian.

6. Ikuti aja alur di sana. ke loket administrasi setor dokumen –> loket pembayaran bayar 655ribu –> wawancara & foto

Di bagian wawancara & foto itu yang kita musti sabar. Fasbir sabran jamiilaa.. Beberapa orang terlihat culas, mereka masuk ke ruang wawancara & foto tanpa tiket antrian. biasanya mereka punya rekanan orang dalam. Hari mulai siang, antrian sangat panjang, jadilah suasana bertambah panas. banyak2 istighfar atau baca buku, biar ngantrinya ga kerasa lama.

Di hari pertama ini kita akan dapat tanda bukti bahwa semua alur pembuatan e-paspor telah selesai. Jaga baik2 kertas itu untuk mengambil e-paspor 7 hari kemudian..

7.  Ambil e-paspor sesuai tanggal yang tertera di tanda bukti & have a nice trip!

Advertisements