tempat keluarnya huruf (makhorijul huruf)

Allah SWT berfirman, “Dan bacalah Al Qur’an itu dengan perlahan-lahan” (QS Al Muzammil : 4)

Salah satu adab membaca Al Qur’an adalah membacanya dengan tartil, yaitu membacanya secara perlahan dan sesuai dengan kaidah tajwid. Setiap huruf dalam Al Qur’an memiliki haq (yang disebut makhorijul huruf/tempat keluarnya huruf) dan mustahaqnya (sifat huruf). Keduanya perlu kita penuhi agar kita tidak dzalim terhadap setiap huruf Al Qur’an.

Nah, kali ini kita membahas dulu mengenai makhorijul huruf, yang secara umum bisa kita pelajari melalui gambar dibawah ini :

kurang jelas ya? hehehe. ini sudah ada slide tentang makhorijul huruf yang disampaikan oleh ust hartanto beberapa waktu lalu. klik disini

Selain belajar melalui buku tentang tajwid, kita perlu belajar pada yang lebih pandai membaca Al Qur’an. Sehingga kesalahan-kesalahan yang mungkin tidak kita sadari saat membaca Al Qur’an bisa dikoreksi. Bagi teman2 yang berdomisili di Jogja, ada banyak lembaga yang bisa memfasilitasi kita untuk belajar membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Ada yang menggunakan metode talaqi (membuat kelompok kecil semacam liqo’at) seperti yang diprogramkan FOSDA Masjid Mardliyah UGM. Ada juga yang belajar langsung pada ustadz seperti metode yang dipakai oleh LPIM Masjid Mujahidin UNY. Kuncinya ada pada keistiqomahan kita untuk belajar. Juga selalu perbaiki niat kita saat belajar, bahwa hanya ridho Allah-lah yang kita tuju. Bukan yang lain.

Semoga kita menjadi keluarga Allah SWT di bumi dengan mencintai Al Qur’an…

About these ads